Dunia Dan Akhirat

Sebagian dari manusia ada yang mengatakan bahwasannya kehidupan ini hanya sebatas kehidupan dunia, "Dan mereka berkata : 'Kehidupan ini tidak lain hanyalah kehidupan di dunia saja, kita mati dan kita hidup dan tidak ada yang membinasakan kita selain masa', dan mereka sekali-kali tidak mempunyai pengetahuan tentang itu, mereka tidak lain hanyalah menduga-duga saja." (QS. 45:24)

Namun, sebagian yang lainnya berkeyakinan sebaliknya, bahwasannya sesudah kehidupan dunia akan ada kehidupan akhirat;
"Dan mereka yang beriman kepada Kitab (Al Qur’an) yang telah diturunkan kepadamu dan Kitab-kitab yang telah diturunkan sebelummu, serta mereka yakin akan adanya (kehidupan) akhirat." (QS. 2:4)

Di dalam kehidupan yang singkat ini manusia akan senantiasa diuji, mereka yang lemah imannya, mudah sekali terjebak pada kondisi yang sedang dialami, ada yang frustasi dan ada yang sampai bunuh diri. Adapun mereka yang beriman kepada kehidupan akhirat akan sabar serta tawakkal menghadapi ujian Allah.
"Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar, (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan, "Innaa lillaahi wa innaa ilaihi raaji`uun." (QS. 2:155-156)

Maka dari itu, kepada semua sahabatku yang dirahmati Allah. Jadikanlah dunia ini sebagai ladang amal, untuk menebarkan benih-benih kebaikan, kita akan menuai hasilnya di kehidupan akhirat kelak. Jangan mudah frustasi apalagi sampai bunuh diri, na'udzubillah. Yakinlah dengan kehidupan akhirat yang abadi. Di sanalah orang-orang beriman akan dipertemukan kembali.
"Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Dan sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu. Barang siapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, maka sungguh ia telah beruntung. Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan." (QS. 3:185)

Oleh : Erik Mardiansyah